Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian

Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian
Tulisan ini saya persembahkan untuk para guru, orang tua, siswa-i dan masyarakat yang peduli tentang pendidikan matematika.

kartu_apiq2Mungkin Anda sedikit bingung dengan Judul yang saya tulis. Bagaimana mungkin kita bisa menyelesaikan soal perkalian tanpa harus bisa perkalian.

Misalkan 12 x 23 = …..

Sejenak kalau difikirkan tentunya kita harus tahu perkalian 2 x 3 = (berapa?)

Disini akan saya jelaskan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus bisa perkalian.

Saya katakan ini merupakan masalah, kenapa ?

1. Apabila Anda berprofesi sebagai guru tentunya sulit sekali menjelaskan kepada anak didik menuju perkalian yang lebih bersifat kompleks. Misalnya : 231 x 32 = ……

2. Orang tua juga pasti bingung untuk mendampingi putra/inya ketika belajar di rumah sebab bingung bagaimana cara membantu anaknya untuk menyelesaikan persoalan tersebut (maklum orang tuanya mungkin juga tidak begitu mahir urusan perkalian)

3. Dan lain lain…(silahkan tambahkan sendiri)

Suatu ketika saya pernah sharing dengansalah seorang orang tua siswa tentang masalah belajar yang dihadapi anaknya. Kalau digambarkan tentang apa yang kami bicarakan kurang lebih seperti ini ;

Orang Tua : Mas, anak saya kelas 6 SD, jujur saja dalam hal perkalian dia bisa dikatakan tidak bisa sama sekali….. Saat ini kan sudah menjelang Ujian Nasional. Nah….Bagaimana Cara mengatasinya…..

H’mmad : Idealnya siswa kelas 6 SD sudah mahir menyelesaikan operasi perkalian, namun perlu kita lihat lagi operasi perkalian seperti apa yang belum begitu dikuasainya……

Orang Tua: Kalau perkalian satu digit angka bisa saja, namun jika sudah perkalian 2 digit angka dan seterusnya  baru dia kebingungan……..

Hammad : Kalau seperti itu masalahnya tidak begitu parah…… sama halnya dengan anak yang tidak bisa   mengalikan angka 2 dan 3 (2 x 3 = ……?). Tau tidak yang lebih parah apa?

Orang Tua : Apa mas ?

H’mmad : Yang lebih parah apabila siswa kelas 6 SD tidak mengenal angka 1,2,3 dst…..

Orang Tua  : he…he…. Jadi,punya cara khusus untuk membantu anak saya….?

Dari percakapan santai disela-sela istirahat jam bimbingan di Primagama, saya jelaskan kepada anak beliau dan beliau sendiri cara yang mungkin agak berbeda, namun efektif membantu anak yang punya masalah dengan perkalian.

Caranya seperti ini ;

Misalkan soalnya seperti ini ;

12 x 32 = ……

Setiap angka digambarkan dalam bentuk garis .

Angka 12 ; 1 dan 2 garis (beri jarak) ke arah kanan atas

Angka 32 : 3 dan 2 garis (beri jarak) ke arah kanan bawah

Sehingga akan terbentuk gambar seperti ini ;

belajar-perkalianPerhatikan titik potong pada pertemuan setiap garis (saya perjelas dengan titik hitam).

Sekarang hitunglah banyak titik pada setiap bagian.

Nah…. Banyak titik merupakan hasil perhitungan dari operasi perkalian 12 x 32 yaitu 384

Percaya atau tidak percaya….Ini nyata ! Semoga bermanfaat. Kritik dan sarannya harap disampaikan, jangan dipendam dalam hati….Kalau terpendam lama bisa karatan (mending kalo jadi barang antik).

Salam sukses Luar biasa !

Bagaimana untuk perkalian 5 x 23 = ……. Dan 35 x 21 =……. (saya yakin Anda pasti bisa)

Baca juga : Keunikan dibalik teka-teki Matematika/Permainan Matematika/em

20 responses to “Menyelesaikan Soal Perkalian Tanpa Harus Bisa Perkalian

  1. Wah… baru tau, ini salah satu keajaiban dan keindahan matematika..
    Saat membaca The Da Vinci Code (versi terjemahan, he..he…) saya jadi terkagum-kagum dengan para matematikawan. Mereka seniman yang luar biasa sebenarnya. Mereka bermain-main dengan simbol-simbol semacam angka. Di dalam banyak terbentuk kebetulan-kebetulan seperti yang ditulis di posting ini.

  2. saya sudah mencoba tp belum berhasil bila di coba dengan soal 132 x 52 =? bagai mana cara menghitung dengan cara yg lebih mudah…. terimakasih

  3. mat, itu kan contohnya simpel, ga ada yg hasil jumlah titiknya lbh dr 9. klo ky 5×23 sm 35×21 kan ada yg hasil jumlah titiknya >9. kypa tu prosesnya?
    bs aja seh menyimpulkan sendiri. tp penjelasan versi hammad kypa? ^^

  4. kalo lebih dr 9, satuannya dituliskan angka puluhan ditambahkan dengan bagian depannya

  5. subhanallah… akhirnya saya tau cara mengajarkan matematika tuk anak-anakku yang hobynya menggambar… smangat…

  6. I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!
    I’ll go ahead and bookmark your site to come back later. All the best

  7. terimakasih banyak ilmunya mas. sangat berguna untuk anak-anak didik saya. dan saya punya bahan ajar yang lebih menarik dan tidak membosankan. semoga Tuhan memberkati. AMIN ……

  8. kalau bilangannya kecil ya mudah aja buat garisnya. coba klo perkaliannya diatas 5, garisnya makin banyak hitungnya tambah banyak. untuk anak kelas 6 aja ga bisa buatnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s