Bagaimana Cara mendaftarkan blog di search engine?

Menginginkan agar tulisan-tulisan kita bisa di baca oleh orang lain atau pengunjung blog merupakan salah satu hal yang wajar diinginkan ketika kita membuat sebuah blog, semakin banyak yang berkunjung apalagi memberikan komentar pada apa yang kita posting tentunya akan membuat hati kita merasa senang dan bahagia. Akan tetapi belum blog kita akan ramai di kunjungi, ini memerlukan usaha publikasi yang gencar dari pemilik blog apabila ingin banyak pengunjungnya.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke berbagai agregator, dan yang paling efektif adalah melalui search engine atau mesin pencari. Lalu bagaimloopana caranya ?

Jangan sampai berangggapan bahwa apabila kita membuat website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine, kenyataannya tidak semua terjadi demikian. Seperti halnya ketika kita menghadiri seminar, kita harus regestrasi ulang walaupun kita sudah memilki tiket masuk. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.

Mesin pencari tentu jumlahnya sangat banyak sekali, dan pada saat ini yang paling terkenal di dunia adalah Google, Yahoo, serta Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita adalah mendaftarkan URL blog kita pada mesin pencari mereka. Bila ada yang belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya?
Cara Daftar Search Engine
1. Om Google (baca : gugel)
Untuk mendaftar ke google, silahkan kunjungi http://www.google.com/addurl/, nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan yaitu ;
URL –> Isi dengan URL website
Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog
Isi kode verifikasi yang terlihat
Lalu Klik tombol Add URL
2. Bang Yahoo! (baca : yahuu)
Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan kunjungi http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.
Syaratnya ya harus punya account yahoo, kalo belum, daftar ! tinggal klik signup pada www.yahoo.com. Selesai daftar, klik link tadi. Isilahkan isi kolom tersebut dengan URL , kemudian klik tombol Add URL.

3. Opa Msn
Untuk daftar ke Msn, silahkan kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2
Isi huruf verifikasi dan URL sobat pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL.

Selain ketiganya masih terdapat mesin pencari yang lain, silahkan klik disini atau klik disana untuk mengetahui mesin pencari yang lain

23 responses to “Bagaimana Cara mendaftarkan blog di search engine?

  1. Ping-balik: Bagaimana Cara mendaftarkan blog di search engine? « Bego dan Gak Pentingnya Lucky·

  2. Ping-balik: Bagaimana Cara mendaftarkan blog di search engine? « Welcome To Headri's World·

  3. Ping-balik: Bagaimana Cara mendaftarkan blog di search engine? « Welcome To Headri's World·

  4. mas gimana caranya buat head blog yang seperti mas di atas???? yang ada gambarnya terus ada tulisan di mensi ilmoe thks ya atas bantuannya send di email gw mas john.lock39@yahoo.co.id makasih atas bantuannya tolong yach di jelaskan dengan gaya bahasa untuk bloger pemula :)+

  5. Makasih kang info-nya, cuma pas saya coba daftari di webmaster tools ko susah ya… salam kenal kang bloger baru kopihaneut.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s